Mengatasi Bluescreen Hardware Malfunction Pada Netbook

Assalamualaikum wr.wb

Sebenarnya permasalahan ini sudah saya alami beberapa tahun lalu tetapi baru kemarin berhasil diatasi, dan pada hari ini akan saya share diblog ini. Seperti judul diatas Mengatasi bluescreen " hardware malfunction " pada netbook, jadi ceritanya saya disuruh menginstal laptop menggunakan windows 7 kemudian setelah selesai dinstal muncul blue screen

Hardware malfunction call your hardware vendor for support NMI : Parity check / Memory Parity Error The system has halted

Saya pertama kali mengira masalah ada pada ram karena ada kata-kata Memory parity error, kemudian coba saya bersihkan menggunakan penghapus dan komputer berhasil normal, tetapi besoknya terjadi lagi pesan seperti itu jadi tambah bingung kan..


Setelah itu saya diamkan laptop tersebut selama 1 tahun dan saya coba utak atik lagi kemarin, saya coba instal lagi menggunakan windows xp tapi muncul lagi blue screen seperti diatas. Kemudian saya coba mengganti pasta processor dengan pasta yang baru barangkali processor terlalu panas sehingga terjadi bluescreen hardware malfunction the system has halted.

Baca juga cara install windows 7 menggunakan flashdisk

Dan alhamdulilah setelah saya ganti pasta proccesor netbooknya normal kembali dan belum muncul bluesreen lagi sampai saat ini, jadi kesimpulannya yaitu karena processor terlalu panas maka menggangu kinerja hardware lainnya sehingga munculah bluscreen hardware malfunction

Demikian pengalaman mengatasi bluescreen " Hardware Malfunction " pada netbook semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb

5 Responses to "Mengatasi Bluescreen Hardware Malfunction Pada Netbook"

  1. Pasta processor tu apa ya.saya jg mengalami kasus yg sama dg Compaq sy, sudah coba diperbaiki 2x ke orang2 yg konon ahlinya,cb dibersihkan kipas d dlm karena konon kipas tdk berfungsi baik, jd panas. Lalu pernah pula ada alat yg diganti, semacam koin apa tuh (saya gaptek dan awam komputer banget) tp ternyata malfunction itu ga sembuh. Katanya sih motherboardnya kena dan kalo ganti seharga laptop baru. Apa dah ga ada jln lain ya.barangkali ada pencerahan. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasta processor itu semacam krim yang di oleskan di prosessor agar aliran dingin dari heatsing bisa sampai ke processor, kalau alat yang semacam koin itu namanya baterai CMOS yg fungsinya untuk menyimpan konfigurasi BIOS, tapi pada kasus ini tidak semua berhasil hanya dengan mengganti pasta processor bisa juga kipasnya sudah lemah

      Delete
  2. Trimaksih.... Sngat brmanfaat
    Smga brkah

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas
Semua komentar yang masuk akan dimoderasi dulu sebelum ditampilkan