Cara Membuat Power Speaker Aktif Dengan USB

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang sahabat....
Hari ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika memperbaiki speaker aktif milik sekolah. Speaker yang akan saya perbaiki termasuk speaker jadul dan masih menggunakan power yang langsung ke listrik
Kerusakannya yaitu ketika ditekan tombol ON lampu indikator tidak mau nyala. Kemudian saya coba bongkar speaker dan cek jalur yang terhubung dengan tegangan listrik. Dan benar ternyata yang rusak adalah trafonya sehingga speaker tidak bisa di ON.


Berhubung di lab komputer ada keyboard USB yang rusak, saya coba manfaatkan sebagai power untuk sepeaker agar langsung dari pc atau laptop.
Caranya kita tinggal menghubungkan pin (+) usb dengan kabel ( +) yang ada di mainboard speaker aktif, dan hubungkan pin ground pada usb ke kabel (-) pada mainboard speaker. 



Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penampang kabel usb berikut


Jadi kita hanya menggunakan dua pin saja untuk memberi tegangan ke speaker aktif, berikut penampakan setelah jadi

Demikian pengalaman saya tentang memeperbaiki speaker aktif semoga kalau sahabat pernah mengalami hal yang sama sahabat bisa mencoba memperbaikinya.
Wassalamualaikum wr.wb

2 Responses to "Cara Membuat Power Speaker Aktif Dengan USB"

  1. Bagi rangkaian kabel di pcb nya dong

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum.

    Mas, boleh tahu merek speakernya apa ya?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas
Semua komentar yang masuk akan dimoderasi dulu sebelum ditampilkan